Jumat, 05 Oktober 2012

Metode Study Hadits

HMJ-AS - Hadits merupakan segala sesuatu yang disandarkan pada Rasulullah, sehingga ummat muslim diwajibkan untuk mempelajari sumber hukum kedua tersebut. Untuk mempelajari hadits kita harus mengetahui metode mempelajarinya, agar tidak tersesat.

Karena hadits sangat banyak yang beredar, entah hadits itu berkualitas shahih, hasan, ataupun dha'if. Maka kita sebagai ummat muslim diwajibkan untuk memahami serta mengetahui kualitas hadits yang kita dapat.

Seperti halnya tarikh, thabaqat juga adalah bagian dari disiplin ilmu Hadits yang berkenaan dengan keadaan perawi Hadits. Namun keadaan yang dimaksud dalam ilmu thabaqat adalah keadaan yang berupa persamaan para perawi dalam sebuah urusan. Adapun urusan yang dimaksud, antara lain:
a. Bersamaan hidup dalam satu masa.
b. Bersamaan tentang umur.
c. Bersamaan tentang menerima hadits dari syaikh-syaikhnya.
d. Bersamaan tentang bertemu dengan syaikh-syaikhnya.
 
Kadangkala para Muhadditsin menganggap bahwa kebersamaan dalam menimba ilmu Hadits adalah cukup bisa dikatakan satu thabaqah. Sebab pada umumnya mereka memiliki kesamaan dalam umur.

Nah, bagi kawan-kawan yang berminat memiliki contoh makalah yang sudah kami presentasikan mengenai metode studi hadits, silahkan langsung klik link download dibawah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kawan-kawan. 


islamicjustitia.blogspot.com
Download Makalah metode studi hadits via 4shared:
Download Makalah Metode Studi Hadits.pdf  | | Pembaca yang budiman selalu meninggalkan komentar... 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan tidak mengandung unsur SARA.
| Let's Moving On |